TUGAS 1 APPL IF 20 Dx
Nama: Adelia Riskhi Arishandi
NPM: 20312105
Kelas: IF20Dx
Soal
1. Jelaskan arti dari faktor internal dan eksternal perusahaan dalam melakukan analisis SWOT!
2. Mengapa analisis SWOT perlu dilakukan? dan untuk keperluan apa saja analisis SWOT tersebut dilakukan!
3. Bagaimana analisis PIECES itu dilakukan oleh perusahaan?
4. Seberapa penting analisis PIECES dilakukan! Jelaskan!
5. Dari data perusahaan berikut ini, pilihlah salah satu perusahaan kemudian lakukan analisis SWOT dan analisis PIECES
a. GoJek
b. PT HM Sampoerna Tbk
c. Universitas Teknokrat Indonesia
d. Bank Lampung
e. PT Indosat Tbk
f. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart)
Jawab:
1. Faktor internal dalam perusahaan pada analisis SWOT
terdiri dari strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan). Untuk
mengidentifikasi faktor internal biasanya mencakup :
- Pengalaman
perusahaan baik yang berhasil atau gagal.
- Finansial
pada perusahaan.
- Sumber
daya yang dimiliki oleh perusahaan
- Kekuatan
dan kelemahan dari perusahaan
Faktor eksternal dalam analisis SWOT mencakup opportunity (peluang) dan threat (ancaman). Untuk mengidentifikasi faktor eksternal biasanya meliputi:
- Lingkungan.
- Peraturan
pemerintah.
- Tren.
- Budaya,
ideologi, sosial politik, perekonomian.
- Peristiwa
yang sedang terjadi.
- Sumber
permodalan.
- Perkembangan
teknologi
2. Analisis SWOT perlu dilakukan karena untuk menemukan
aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di
dalam suatu perusahaan. Dengan mengetahui empat aspek tersebut, diharapkan dapat
memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mengurangi ancaman, dan
membangun peluang-peluang di masa depan.
Analisis SWOT juga dibutuhkan untuk berbagai keperluan misalnya, sebagai strategi untuk mengambil keputusan untuk mencapai visi misi perusahaan demi masa depan sebuah perusahaan,
3. Analisis PIECES sendiri yaitu metode analisis yang
terdiri dari 6 indikator penilaian yaitu Performance, Information, Economy, Control, Eficiency, dan
Service.
Analisis ini merupakan cara untuk
mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan yang terjadi pada suatu sistem
yang berjalan pada sebuah perusahaan
4. Analisis PIECES ini sangat penting untuk dilakukan
sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini
biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat
gejala dari masalah utama. Metode ini menggunakan enam variable evaluasi yaitu
:
1. Performance
Kinerja merupakan variable pertama dalam metode analisis
PIECES. Dimana memiliki peran penting untuk menilai apakah proses atau prosedur
yang ada masih mungkin ditingkatkan kinerjanya, dan melihat sejauh mana dan
seberapa handalkah suatu sistem informasi dalam berproses untuk menghasilkan
tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini kinerja diukur dari:
a. Throughput, yaitu jumlah pekerjaan/output/deliverables
yang dapat dilakukan/ dihasilkan pada saat tertentu.
b. Response time, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk
menyelesaikan serangkaian kegiatan untuk menghasilkan output/deliverables
tertentu.
2. Information
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat
diperbaiki sehingga kualitas informasi yang dihasilkan menjadi semakin baik.
Informasi yang disajikan haruslah benar–benar mempunyai nilai yang berguna. Hal
ini dapat diukur dengan :
a. Keluaran (outputs) : Suatu sistem dalam
memproduksi keluaran.
b. Masukan (inputs) : Dalam memasukkan suatu data sehingga
kemudian diolah untuk menjadi informasi yang berguna.
3. Economic
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat
ditingkatkan manfaatnya (nilai gunanya) atau diturunkan biaya
penyelenggaraannya.
4. Control
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat
ditingkatkan sehingga kualitas pengendalian menjadi semakin baik, dan
kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan/ kecurangan menjadi semakin baik pula.
5. Efficiency
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat
diperbaiki, sehingga tercapai peningkatan efisiensi operasi, dan harus lebih
unggul dari pada sistem manual.
6. Service
Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki kemampuannya untuk mencapai peningkatan kualitas layanan. Buatlah kualitas layanan yang sangat user friendly untuk end – user (pengguna) sehingga pengguna mendapatkan kualitas layanan yang baik.
5. Analisis SWOT dan PIECES PT. INDOSAT . TBK
SWOT
(Strength)
- Pengalaman
mengelola bisnis telekomunikasi internasional
- Kekuatan
manajemen dan budaya perusahaan
- Produk
dan jasa yang luas (banyak)
- Kualitas
produk dan jasa
- Teknologi
yang mutakhir pada peralatannya
- Image
perusahaan yang baik
- Memiliki
fasilitas yang lengkap dan baik untuk karyawan maupun pelanggan
- Jaringan
operasional didukun oleh kantor layanan galeri Indosat dan griya Indosat
yang tersebar diseluruh Indonesia
(Weaknes)
- Rentannya
likuiditas perusahaan akibat besarnya kewajiban yang dimilikinya
- Kurangnya
kebiasaan bersaing secara ketat akibat kenikmatan hak duopoli yang
dimilikinya
- Diversifikasi
yang berlebihan seperti pada perusahaan anak
- Afiliasi
yang kurang menguntungkan
- Traffic
voice dan SMS yang sering penuh sehingga menyebabkan terjadinya error.
(Oppurtunity)
- Besarnya
pasar domestik yang belum tergarap
- Perluasan
usaha baru yang melingkupi bisnis inti yang cukup menguntungkan
- Bisnis
telekomunikasi global yang cukup menjanjikan
- Semakin
meningkatnya hubungan pelanggan maka akan memicu perusahaan untuk
meningkatkan teknologi jaringan untuk para pelanggan sehingga lebih
mempermudah hubungan perusahaaan dengan para pelanggan.
- Memiliki
hubungan pada tingkat internasional.
- Masyarakat
Indonesia merupakan masyarakat yang konsumtif dimana setiap individu
tertarik untuk memcoba sesuatu yang baru dimana produk tsb mampu memenuhi
kebutuhan mereka.
(Threat)
- Kompetisi
global yang memasuki pasar domestic
- Ancaman
Masuknya Pendatang Baru
- Ancaman
dari barang atau jasa pengganti
- Pesaing
yang menawarkan harga produk yang lebih murah.
PIECES PT. INDOSAT. TBK
1. Performance
a. Throughput
pelayanan sudah baik, karna pt.indosat tbk adalah perusahaan
penyedia layanan telekomunikasi yang sudah mengelola bisnis ini hingga
internasional, waktu layanan service membutuhkan beberapa step untuk bisa
tersambung dengan bagian customer care
b. Response time
Layanan service ke customer care seharusnya lebih bisa mudah
dilakukan dengan mengurangi step by step untuk terhubung ke customer care
2. Information
pada saat user menggunakan layanan mobile Indosat dalam hal
membeli kuota internet, didalam layanan tersebut tertera berbagai informasi
mengenai promo pembelian kuota dan paket-paket internet yang menarik untuk
pelanggan
3. Economic
Lebih memperbanyak promo dalam pembelian kuota internet, hal
ini pasti sangan menarik minat pelanggan saat ini, terlebih kondisi pandemi
seperti sekarang mengharuskan semua orang (terkhusus mahasiswa) menggunakan
kuota untuk belajar daring
4. Control
Meningkatkan layanan service dn kecepatan pengiriman
pembelian paket internet di aplikasi mobile indosat, karna terkadang masih
terdapat bug saat pembelian kuota internet pada aplikasi mobile indosat
5. Efficiency
menggunakan aplikasi mobile indosat untuk pembelian paket kuota
internet sangat Efisien karna pembayaran bisa langsung melalui internet banking
atau aplikasi pembayaran lainnya tanpa harus datang jauh" ke gerai/konter
pengisian pulsa internet
6. Service
layanan service call center 24 jam menjadikan pengguna dapat berkonsultasi mengenai permasalahan provider yang dialami
Tidak ada komentar:
Posting Komentar