Minggu, 07 November 2021

ANALISIS PEMODELAN PERANGKAT LUNAK

TUGAS 1 APPL IF 20 Dx

Nama: Adelia Riskhi Arishandi

NPM: 20312105

Kelas: IF20Dx


Soal

1. Jelaskan arti dari faktor internal dan eksternal perusahaan dalam melakukan analisis SWOT!


2. Mengapa analisis SWOT perlu dilakukan? dan untuk keperluan apa saja analisis SWOT tersebut dilakukan!


3. Bagaimana analisis PIECES itu dilakukan oleh perusahaan?


4. Seberapa penting analisis PIECES dilakukan! Jelaskan!


5. Dari data perusahaan berikut ini, pilihlah salah satu perusahaan kemudian lakukan analisis SWOT dan analisis PIECES


a. GoJek


b. PT HM Sampoerna Tbk


c. Universitas Teknokrat Indonesia


d. Bank Lampung


e. PT Indosat Tbk


f. PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Alfamart) 


Jawab:

1. Faktor internal dalam perusahaan pada analisis SWOT terdiri dari strength (kekuatan) dan weakness (kelemahan). Untuk mengidentifikasi faktor internal biasanya mencakup :

  • Pengalaman perusahaan baik yang berhasil atau gagal.
  • Finansial pada perusahaan.
  • Sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan
  • Kekuatan dan kelemahan dari perusahaan

    Faktor eksternal dalam analisis SWOT mencakup opportunity (peluang) dan threat (ancaman). Untuk     mengidentifikasi faktor eksternal biasanya meliputi:

  • Lingkungan.
  • Peraturan pemerintah.
  • Tren.
  • Budaya, ideologi, sosial politik, perekonomian.
  • Peristiwa yang sedang terjadi.
  • Sumber permodalan.
  • Perkembangan teknologi

 

2. Analisis SWOT perlu dilakukan karena untuk menemukan aspek-aspek penting dari kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman di dalam suatu perusahaan. Dengan mengetahui empat aspek tersebut, diharapkan dapat memaksimalkan kekuatan, meminimalkan kelemahan, mengurangi ancaman, dan membangun peluang-peluang di masa depan.

 

    Analisis SWOT juga dibutuhkan untuk berbagai keperluan misalnya, sebagai strategi untuk mengambil keputusan untuk mencapai visi misi perusahaan demi masa depan sebuah perusahaan, 

 

3. Analisis PIECES sendiri yaitu metode analisis yang terdiri dari 6 indikator penilaian yaitu Performance, Information, Economy, Control, Eficiency, dan Service. 

   Analisis ini merupakan cara untuk mengidentifikasi dan memecahkan permasalahan yang terjadi pada suatu sistem yang berjalan pada sebuah perusahaan

 

4. Analisis PIECES ini sangat penting untuk dilakukan sebelum mengembangkan sebuah sistem informasi karena dalam analisis ini biasanya akan ditemukan beberapa masalah utama maupun masalah yang bersifat gejala dari masalah utama. Metode ini menggunakan enam variable evaluasi yaitu :

1.      Performance

Kinerja merupakan variable pertama dalam metode analisis PIECES. Dimana memiliki peran penting untuk menilai apakah proses atau prosedur yang ada masih mungkin ditingkatkan kinerjanya, dan melihat sejauh mana dan seberapa handalkah suatu sistem informasi dalam berproses untuk menghasilkan tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini kinerja diukur dari:

 

a. Throughput, yaitu jumlah pekerjaan/output/deliverables yang dapat dilakukan/ dihasilkan pada saat tertentu.

b. Response time, yaitu waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan serangkaian kegiatan untuk menghasilkan output/deliverables tertentu.

 

2.  Information 

Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki sehingga kualitas informasi yang dihasilkan menjadi semakin baik. Informasi yang disajikan haruslah benar–benar mempunyai nilai yang berguna. Hal ini dapat diukur dengan :

a.  Keluaran (outputs)  : Suatu sistem dalam memproduksi keluaran.

b. Masukan (inputs) : Dalam memasukkan suatu data sehingga kemudian diolah untuk menjadi informasi yang berguna.

 

3.  Economic 

Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan manfaatnya (nilai gunanya) atau diturunkan biaya penyelenggaraannya.

 

4. Control 

Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat ditingkatkan sehingga kualitas pengendalian menjadi semakin baik, dan kemampuannya untuk mendeteksi kesalahan/ kecurangan menjadi semakin baik pula.

 

5. Efficiency 

Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki, sehingga tercapai peningkatan efisiensi operasi, dan harus lebih unggul dari pada sistem manual.

 

6. Service 

Menilai apakah prosedur yang ada saat ini masih dapat diperbaiki kemampuannya untuk mencapai peningkatan kualitas layanan. Buatlah kualitas layanan yang sangat user friendly untuk end – user (pengguna) sehingga pengguna mendapatkan kualitas layanan yang baik. 

 

5. Analisis SWOT dan PIECES PT. INDOSAT . TBK

SWOT 

(Strength)

  • Pengalaman mengelola bisnis telekomunikasi internasional
  • Kekuatan manajemen dan budaya perusahaan
  • Produk dan jasa yang luas (banyak)
  • Kualitas produk dan jasa
  • Teknologi yang mutakhir pada peralatannya
  • Image perusahaan yang baik
  • Memiliki fasilitas yang lengkap dan baik untuk karyawan maupun pelanggan
  • Jaringan operasional didukun oleh kantor layanan galeri Indosat dan griya Indosat yang tersebar diseluruh Indonesia

(Weaknes)

  • Rentannya likuiditas perusahaan akibat besarnya kewajiban yang dimilikinya
  • Kurangnya kebiasaan bersaing secara ketat akibat kenikmatan hak duopoli yang dimilikinya
  • Diversifikasi yang berlebihan seperti pada perusahaan anak
  • Afiliasi yang kurang menguntungkan
  • Traffic voice dan SMS yang sering penuh sehingga menyebabkan terjadinya error.

 

(Oppurtunity)

  • Besarnya pasar domestik yang belum tergarap
  • Perluasan usaha baru yang melingkupi bisnis inti yang cukup menguntungkan
  • Bisnis telekomunikasi global yang cukup menjanjikan
  • Semakin meningkatnya hubungan pelanggan maka akan memicu perusahaan untuk meningkatkan teknologi jaringan untuk para pelanggan sehingga lebih mempermudah hubungan perusahaaan dengan para pelanggan.
  • Memiliki hubungan pada tingkat internasional.
  • Masyarakat Indonesia merupakan masyarakat yang konsumtif dimana setiap individu tertarik untuk memcoba sesuatu yang baru dimana produk tsb mampu memenuhi kebutuhan mereka. 

 

(Threat)

  • Kompetisi global yang memasuki pasar domestic
  • Ancaman Masuknya Pendatang Baru
  • Ancaman dari barang atau jasa pengganti
  • Pesaing yang menawarkan harga produk yang lebih murah. 

 

 

PIECES PT. INDOSAT. TBK

 1.      Performance

a. Throughput

pelayanan sudah baik, karna pt.indosat tbk adalah perusahaan penyedia layanan telekomunikasi yang sudah mengelola bisnis ini hingga internasional, waktu layanan service membutuhkan beberapa step untuk bisa tersambung dengan bagian customer care

b. Response time

Layanan service ke customer care seharusnya lebih bisa mudah dilakukan dengan mengurangi step by step untuk terhubung ke customer care

 

2. Information 

pada saat user menggunakan layanan mobile Indosat dalam hal membeli kuota internet, didalam layanan tersebut tertera berbagai informasi mengenai promo pembelian kuota dan paket-paket internet yang menarik untuk pelanggan

 

3. Economic

Lebih memperbanyak promo dalam pembelian kuota internet, hal ini pasti sangan menarik minat pelanggan saat ini, terlebih kondisi pandemi seperti sekarang mengharuskan semua orang (terkhusus mahasiswa) menggunakan kuota untuk belajar daring

 

4.  Control 

Meningkatkan layanan service dn kecepatan pengiriman pembelian paket internet di aplikasi mobile indosat, karna terkadang masih terdapat bug saat pembelian kuota internet pada aplikasi mobile indosat 

 

5. Efficiency 

menggunakan aplikasi mobile indosat untuk pembelian paket kuota internet sangat Efisien karna pembayaran bisa langsung melalui internet banking atau aplikasi pembayaran lainnya tanpa harus datang jauh" ke gerai/konter pengisian pulsa internet

 

6. Service 

layanan service call center 24 jam menjadikan pengguna dapat berkonsultasi mengenai permasalahan provider yang dialami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

IMPLEMENTASI ALGORITMA BRANCH & BOUND

IMPLEMENTASI ALGORITMA BRANCH & BOUND           Sebagaimana pada algortima runut-balik, algoritma Branch & Bound juga merupakan meto...